Friday, May 17, 2019

virus

Sederhananya, artinya dengan hanya penggambaran sederhana, pengertian virus adalah organisme nonseluler yang terususun atas subunit protein dan berukuran sangat kecil dan memiliki sifat parasit obligat intraseluler (cuman “hidup” dalam sel makhluk hidup).
Kata “Hidup” yang dimaksud tidak sama dengan kata “hidup” untuk makhluk seluler baik itu monoseluler seperti bakteri ataupun multiseluler seperti manusia. Kata “hidup” untuk virus direduksi (dikurangi) menjadi merangkai materi organik dalam sel inang (tempat dia numpang) untuk memperbanyak dirinya, selain itu juga termasuk mememecahkan sel inangnya, menginfeksi sel inangnya dan juga menghasilkan senyawa tertentu.
Untuk mendefinisikan lebih jauh kita tentang virus biologis, kita akan bahas secara strukturnya.

Struktur Virus

Okelah memang virus sangat banyak jenisnya, mulai dari helical, icosahedral, prolate, envelope dan complex. Jadi kita ambil yang umum saja. T virus atau bakteriofag. Virus bakteriofag memiliki bentuk seperti laba laba (lihat gambar dibawah). Virus yang utuh (artinya memiliki kepala, ekor, tabung ekor dan termasuk kaki) disebut virion (walaupun banyak lagi bentuk aneh dari virus dalam berbagai jenisnya).
pengertian virus, ciri ciri virus, contoh virus, definisi virus
virus bakteriofag | Struktur dan bentuk

Dalam kepala virus T-Fag itu terdapat materi genetik (pusat informasi keturunan) yang dilindungi oleh selubung protein yang disebut kapsid. Kapsid tersebut tersusun oleh subunit subunit kecil (berbahan protein)  yang disebut kapsomer.  Nukleokapsid adalah istilah yang digunakan untuk unit dasar asam nukleat dan selubung protein pada virus.

Tabung pada virus T-Fag tersebut digunakan untuk memasukkan materi genetik pada proses infeksi virus ke sel inang. Kemudian dalam kondisi yang pas, virus akan mulai memperbanyak diri dalam sel inang dan kemudian meledakkan sel inangnya. Jeda waktu setelah infeksi dan mulainya “penyusunan ulang dan perbanyakan diri” virus disebut waktu inkubasi.
Mari kita lihat dari ukuran secara general untuk virus untuk lebih mengetahui apa pengertian virus itu. Ukuran virus sudah jelas lebih kecil dari bakteri dan semua makhluk hidup lainnya (pengetahuan terbaru/2017). 
Ukuran virus berada dalam ukuran nanometer (nm) anda tahu nm kan, 1 nanometer itu sama dengan 1/1000 mikrometer, artinya sama dengan 1/1000000 mm. Range atau kisaran ukuran tubuh virus normalnya adalah 20-450 nm. Akan tetapi virus terbesar pernah ditemukan berdiamater 500 nm dan panjang 700-1000 nm. Kalau kalian bertanya bagaimana cara mereka ukur, para peneliti mengukurnya menggunakan metode sentrifugasi ultra high speed (kecepatan sangat tinggi)
Jadi untuk melihat virus dengan ukuran tersebut memang tidak bisa menggunakan mikroskop cahaya, haruslah menggunakan mikrosop elektron karena ketidakmampuan pita cahaya.

Klasifikasi Virus

Ini sebagai suplemen saja, saya tidak akan jelaskan sampai lengkap karena akan membutuhkan 600 halaman untuk itu. Jadi, virus itu pada dilansir pada tahun 2012 oleh ICTV (cari di google apa itu ICTV) terdiri atas 7 ordo, 96 famili, 22 subfamili, 420 genus dan 2618 spesies. 
Jadi untuk selanjutnya ke bawah, kita akan gunakan klasifikasi virus menurut ICTV (karena ada klasifikasi berdasarkan baltimore, dan holmes). Klasifikasi menurut ICTV membagi family family virus menjadi 7 grup besar. Pembagian grup ini berdasarkan jenis /ragam materi intinya (baik itu DNA ataupun RNA)
  1. Grup 1 itu adalah kelompok virus yang memiliki DNA untai ganda
  2. Grup 2 itu kelompok virus yang memiliki DNA untai tunggal
  3. Grup 3 itu kelompok virus yang memiliki RNA untai ganda
  4. Grup 4 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal bidang positif (virus hepatitis, SARS, hepatitis A, dan juga demam kuning serta banyak lagi)
  5. Grup 5 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal bidang negatif (virus ebola dan virus influenza masuk dalam grup ini).
  6. Grup 6 itu kelompok virus yang memiliki RNA tunggal yang memperbanyak diri menggunakan DNA intermediet (HIV /penyebab AIDS, merupakan salah satu anggota grup ini)
  7. Grup 7 adalah grup terakhir. Merupakan kelompok virus yang memiliki DNA rantai ganda dan mereplikasi diri menggunakan enzim reverse transcriptase pada inangnya (Virus hepatitis B merupakan salah satu anggotanya)

Jadi virus itu dikelompokkan bukan hanya berdasarkan bentuknya saja, akan tetapi lebih berdasarkan pada isi materi genetik yang dikandungnya.
Hal yang kalian harus sadari bahwa jenis virus itu bukan berakhir pada tahap spesies tapi berakhir pada strain. Jadi memang jenis/spesies virus itu hanya segitu yang ditemukan hingga akhir tahun 2012 kemarin, tapi strain sungguh amat banyak karena virus merupakan materi nonseluler yang sangat cepat bermutasi.

Kesimpulan

Untuk kesimpulan ini, kita akan review dulu pengertian virus itu, jadi pengertian virus adalah makhluk nonseluler yang bersifat parasit obligat intraseluler yang memperbanyak diri dengan menyusun ulang menggunakan materi inangnya. 

Ciri Ciri Virus

Karakteristik atau ciri ciri virus adalah sebagai berikut:
  1. Virus hanya memiliki satu jenis materi inti saja baik itu DNA saja atau RNA saja. 
  2. Virus memiliki DNA yang unik atau RNA yang unik. Pada sel hanya ditemukan DNA rantai ganda dan RNA rantai tunggal sedangkan pada virus dapat anda temukan jenis virus dengan DNA rantai tunggal serta ada juga yang RNA rantai ganda.
  3. Virus tidak menghasilkan ATP 
  4. Virus tidak melakukan penyusunan protein karena virus tidak memiliki ribosom (dia mengambil dari materi inangnya)
  5. Virus tidak dibungkus oleh membran lipid, berbeda dengan sel.
  6. Virus tidak dapat dipengaruhi oleh antibiotik , akan tetapi sel inang tempatnya dapat dipengaruhi.
  7. Virus tidak memiliki organel seperti sel
  8. Virus tidak memiliki alat gerak aktif (masih diteliti)
  9. Virus pada umumnya memiliki reseptor khusus sehingga hanya menginfeksi yang bersesuaian dengan reseptor tersebut.
  10. Virus memiliki dua daur replikasi diri yaitu litik dan lisogenik dan semuanya berlangsung dalam sel inang
  11. Ukuran virus sangat kecil mulai dari 20 nm-450 nm, dengan beberapa pengecualian.

Contoh Virus dan penyakit yang ditimbulkannya

  1. Virus HIV menyebabkan penyakit AIDS pada manusia dan hewan
  2. Virus infuenza menyebabkan penyakit flu pada manusia dan hewan
  3. Adenovirus, menyebabkan virus pada hewan anjing (anjing rabies)
  4. Virus herpes simplex, menyebabkan cacar /herpes pada manusia
  5. Virus hepatitis menyebabkan hepatitis pada manusia
Dan banyak lagi virus lainnya dan penyakit yang ditimbulkannya
note: bahkan kanker juga dapat disebabkan oleh virus.
Salam belajar itu mudah. Tetap belajar yah. Ingat ujian sudah dekat nih. Untuk postingan selanjutnya di learniseasy.com akan membahas tentang virus lebih jauh lagi. Bagian daur litik dan lisogenik pada virus.

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive